5 Hal Tentang Permainan Edukasi Picture Domino

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Rekan-rekan guru dan adik-adik mahasiswa, khususnya yang sedang belajar di jurusan pendidikan bahasa Inggris, kita tentunya masih ingat dengan prinsip pembelajaran PAIKEM yang merupakan akronim dari Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Nah... salah satu bentuk implementasi dari prinsip pembelajaran PAIKEM tersebut adalah permainan (game).

Bermain Game adalah salah satu teknik pembelajaran bahasa Inggris yang bisa kita gunakan sebagai warming up, brainstorming maupun ice breaker. Sangat bagus untuk mengatasi mood yang drop akibat rasa kantuk maupun kelelahan para peserta didik. Kali ini saya ingin berbagi salah satu materi pembelajaran berbentuk game yang disebut Picture Domino. Picture Domino adalah sebuah permainan gambar dan teks.

Tapi mungkin ada yang bertanya: apa sih picture domino itu? Nah berikut akan saya berikan beberapa catatan tentang picture domino tersebut.

Pertama: Picture Domino adalah permainan edukasi

Picture domino bukan sembarang permainan. Picture domino bukanlah permainan iseng-iseng atau permainan yang berbentuk perjudian. Picture domino adalah permainan yang menggiring para siswa untuk belajar. Apa saja yang dipelajari? Mereka akan belajar kosakata baru dan mungkin akan menemukan beberapa hal baru yang sebelumnya mereka belum mengetahuinya. Dalam hal ini guru memiliki peranan yang sangat penting untuk mentransfer berbagai macam ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang tersurat maupun tersirat yang tertuang dalam Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.

Kedua: Picture Domino adalah permainan kompetisi

Dalam praktiknya, permainan ini lebih baik dijadikan sebagai 'competition game', dimana para siswa bersaiang untuk menyelesaikan permainan sebagai tim yang paling cepat dan tepat hasilnya. Pemenang dalam permainan ini adalah kelompok yang bisa menyusun urutan gambar dengan benar dan menyelesaikan permainan dalam waktu yang tercepat.
Untuk melaksanakan permainan ini, sebaiknya guru menyediakan beberapa set kartu dengan warna yang berbeda-beda. Misalnya kelompok A menggunakan kartu berwarna kuning, kelompok B mendapatkan kartu warna merah, dan lain sebagainya. Tujuannya tiada lain adalah untuk membedakan antara kelompok yang satu dengan yang lainnya.

Ketiga: Picture Domino adalah permainan yang mengasah pengetahuan dan ketrampilan 

Dalam Picture Domino siswa harus mencocokkan antara teks dengan gambar yang relevan, misalnya jika teksnya berbunyi 'Crocodile' maka siswa harus menutup teks tersebut dengan gambar buaya dan seterusnya setiap siswa yang terlibat dalam permainan ini harus mensuplai gambar yang sesuai dengan teks berikutnya. Dengan demikian, siswa yang terlibat dalam permainan tanpa disadari akan mendapatkan beberapa pengetahuan baru melalui proses berpikir dan lain sebagainya (aspek kognitif), disamping juga akan terampil mengolah informasi dengan cara menyusun gambar dengan tepat.

Keempat: Guru adalah fasilitator, siswa adalah kompetitor

Karena picture domino adalah permainan kompetisi, maka guru harus memastikan bahwa perannya hanyalah sebagai fasilitator saja. Guru tidak boleh menjadi salah satu kompetitor dengan cara memberikan petunjuk-petunjuk atau arahan yang berlebihan selama permainan berlangsung. Guru harus membiarkan siswa untuk berpikir dengan cermat dan memastikan mereka melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

Kelima: "Reward" bukan keniscayaan, namun seharusnya diberikan kepada siswa

Dalam sebuah kompetisi, reward menjadi sesuatu hal yang lumrah. Oleh karena itu, dalam permainan picture domino ini seharusnya guru juga memberikan reward kepada para siswa meskipun dalam bentuk yang sangat sederhana. Dan karena ini adalah permainan dalam rangka meng-edukasi siswa, maka reward paling sederhana yang bisa diberikan oleh guru kepada siswa adalah dalam bentuk nilai tugas dan lain sebagainya yang bisa digunakan untuk mengukur kadar kemampuan akademik para peserta didik. Dengan adanya penghargaan tersebut, diharapkan siwa-siswi yang terlibat akan lebih termotivasi untuk mengikuti permainan dengan sebaik-baiknya.

Demikian 5 hal yang bisa kita simpulkan tentang permainan edukasi yang disebut 'Picture Domino' ini. Terimakasih atas perhatiannya dan semoga bermanfaat.

UPDATE: Silahkan cek juga Lesson Plan Pembelajaran Dengan Picture Domino.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

No comments

Silahkan tulis komentar anda disini.

Powered by Blogger.